Jumat, 18 Juni 2010

Jepang Belajar untuk Permalukan Belanda

Prediksi Belanda vs Jepang Pelatih Jepang Takeshi Okada mempercayai anak asuhannya sudah mendapatkan pelajaran berharga pada laga persahabatan melawan Belanda, tahun lalu, menebar keyakinan skuat Samurai Biru bisa menjungkalkan salah satu favorit juara itu pada bentrok Grup E, Sabtu (19/6).

Prediksi Belanda "September tahun lalu, kami memiliki kesempatan bermain menghadapi Belanda. Itu sebuah titik balik besar bagi kami," ungkap Okada, Jumat (18/6).

"Kami telah mengamati tim Belanda semenjak September. Mereka telah mengalami kemajuan dan kian matang. Mereka berkembang sebagai sebuah tim," jelas Okada yang telah mengantar Jepang memenangi duel Piala Dunia di negeri orang dengan membekuk tim Singa Perkasa Kamerun 1-0, Senin (14/6) lalu.

"Tetapi kami memiliki keyakinan, kami punya kesempatan untuk menang. Kami bertaruh untuk kesempatan itu," cetus Okada.

Tim Oranye--sebutan Belanda--harus mengingat, mereka menjadi bulan-bulanan Jepang selama hampir satu jam. Kendati akhirnya tim juara Eropa 1988 itu akhirnya menjadi pemenang dengan skor telak 3-0.

Jepang pun bersiap menerapkan pola permainan yang telah mereka usung secara konsisten. Pola permainan yang diyakini bakal mengantar mereka membuat kejutan dengan menjungkalkan dua kali finalis Piala Dunia (1974 dan 1978) itu. Jepang berharap mampu menyamai kejutan Swiss dengan membungkam favorit juara Spanyol 1-0.

"Agresif, bekerja keras dalam menyerang dan bertahan, sejauh yang bisa tim kami lakukan," tandas Okada yang tidak akan mengubah gaya permainan Jepang yang telah menjadi pilihannya. "Itu tidak akan pernah berubah, kami tidak akan memodifikasi strategi," jelas Okada.

"Cerita sepak bola tidak akan pernah komplit sebelum pertandingan berakhir. Jadi kami harus selalu tetap berusaha dan percaya. Kami bisa mewujudkan (kemenangan) itu," ungkap Okada lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar